Berani Mengubah

Berani Mengubah

4.55 out of 5
(44 customer reviews)

Rp 55,000.00

Setelah cinta dan optimis terhadap Indonesia, lalu apa? Buku ini menjabarkan apa saja yang harus dilakukan agar 1 orang bisa jadi individu yang mengubah Indonesia

Out of stock

Description

Product Description

Ada orang yang skeptis bisa mengubah Indonesia. Ada yang optimis. Saya sebenarnya tipe yang kedua, tetapi alasan saya ingin mengubah Indonesia adalah karena saya gerah. Saya gerah karena pemudanya mempertanyakan kemajuan bangsanya. Padahal, sejarah jelas menyatakan perubahan dibawa oleh pemudanya. Para pemuda tadi seharusnya melempar pertanyaan tersebut kepada dirinya sendiri.Saya gerah, tetapi saya tidak menyerah.

Setelah NASIONAL.IS.ME dan Merdeka dalam Becanda, Pandji kembali mengusik “ketenangan” kita untuk terus gelisah dan berpikir tentang perubahan. Jika Anda memiliki kegerahan yang sama, mari bergandengan tangan demi menciptakan Indonesia yang lebih baik.

Setelah cinta dan optimis terhadap Indonesia, lalu apa? Buku ini menjabarkan apa saja yang harus dilakukan agar 1 orang bisa jadi individu yang mengubah Indonesia

Additional Information

Additional Information

Weight 0.3 kg

Reviews (44)

reviews for Berani Mengubah

  1. pandu@communicaption.com
    5 out of 5

    :

    well explained! Salut!

  2. diahputudwijayanti
    5 out of 5

    :

    Saya pemuda Indonesia, mencintai Indonesia. Saya ingin berbuat sesuatu yg baik untuk Indonesia. Setelah baca buku ini, saya tahu harus berbuat apa. Thanks, Nji ! :)

  3. kristiawanbalasa
    4 out of 5

    :

    Di buku ini Pandji mencoba mentranformasikan apa yang ada di kepalanya, dengan fakta, bukan pendapat semata, sembari mengajak kita turut serta membuat perubahan untuk Indonesia. Dimulai dari hal-hal yang kita sanggupi, passion kita sendiri. Seperti kata Pandji, ada dua jenis pemuda di dunia. Mereka yang menuntut perubahan dan mereka yang menciptakan perubahan. Dan, setelah membaca habis buku ini, saya memilih menjadi pemuda yang kedua.

  4. Erick
    5 out of 5

    :

    Buku ini seperti seorang Teman yang mengajari kita tentang politik, hukum, dan ekonomi. Seorang teman yg memberikan pendapatnya tentang FPI dan Atheis tanpa menghakimi. Serta seperti sahabat yg memberikan Tips untuk memulai Perubahan. :)

  5. yudha.knight
    5 out of 5

    :

    Buku tentang ajakan untuk belajar 3 aspek penting kewarganegaraan: Politik, Hukum, Ekonomi. Untuk siapa saja tanpa terkecuali. Untuk para penerus bangsa yang ingin mendunia dan beraksi. Sederhana, mudah di cerna, dan sangat menyentuh pikiran dan hati. Menghadirkan beberapa aspek masalah dengan suguhan solusi. Itulah “Nasional.is.me”

  6. na.chan38
    5 out of 5

    :

    Awalnya mengira bahwa buku ini isi celotehan dan komentar-komentar kocak seorang pandji, ternyata membacanya membuat menohok, jadi berfikir berulang-ulang kali untuk berbuat, berpendapat, berbicara, bahkan berkeinginan. sangat setuju dengan kalimat “wawasan menentukan keputusan”, sebelumnya kalau di tilang saya ngomel-ngomelin polosi dibelakang, memuji-muji keindahan negara Luar, ikut marah-marah-marah ketika BBM naik, dan merasa baik karena ikut kegiatan sosial dimana-mana dan beragam, tetapi ternyata setelah baca buku ini, saya mengerti itu semua bukan sikap perubahan, mengubah itu tidak mudah karena itu butuh fokus, realistis dan konsisten. Mungkin saya belum beraksi besar setelah membaca buku ini, tetapi buku ini beraksi besar untuk mengubah fikiran saya menjadi agen Berani Mengubah menghadapi semua kenyataan termasuk fikiran dan pribadi diri saya.

  7. dahliaanggita
    4 out of 5

    :

    Berani Mengubah menyadarkan saya bahwa setiap individu di Indonesia punya peran dalam sistem yang selama ini hanya kita perolok. Ternyata selama ini saya bisa saja ikut mengubah, hanya saja saya belum tahu caranya.
    Berani Mengubah menunjukkan jalan yang efektif untuk ikut berkontribusi mulai dari hal kecil. Buku ini seperti setitik solusi ditengah kabut asap saling menyalahkan sana sini. Kadang saya membayangkan seandainya semua pengkritisi di Indonesia memahami isi Berani Mengubah, mungkin satu langkah baru telah diambil bangsa ini.

  8. yusasitio
    5 out of 5

    :

    Buku ini adalah buku yang membuktikan bahwa masih ada anak bangsa di negeri ini yang optimis untuk tetap maju, yang optimis untuk berkarya, yang optimis untuk merubah bangsa yang carut marut sama sekali.
    Buku ini adalah buku yang akan mempermalukan orang-orang pesimis, orang-orang yang tak bermoral, orang-orang yang sengaja membodohkan dan memiskinkan bangsa.
    Dan dalam buku ini, Pandji menantang Pemuda Indonesia untuk berani berubah, berani mengubah kebiasaan didikte menjadi orang yang berpikir sendiri, berani mengubah sikap acuh tak acuh yang pesimis dalam kubangan pasrah menjadi orang yang mengambil tindakan untuk bergerak bersama dan optimis membawa bangsa ini menjadi bangsa kuat yang beradab.
    Dengan membaca buku ini, kau akan memahami persoalan fundamental negeri ini.
    Buku ini akan merubah cara pandanganmu akan Indonesia. Buku ini adalah buku yang wajib dibaca anak bangsa.

  9. idapriliani19
    5 out of 5

    :

    Jujur pas sy bca buku ini pas dibab awal sy mendesah “Wah berat nih buku,nyampe gk ya otak saya buat nyerna?” tapi pas sy bca smpe lmbar terakhir,sy kembali mendesah tapi desahan kali ini terdengar berbeda “Gila keren banget,menguak fakta dengan nyata,tdk hnya mngkritisi tp jg memberi solusi,dan sy bs blajar tntang pelajaran yg sblumnya blm pernah sy dpet” dan dr buku in sy jg percya klo lo emng mau bkin perubhan n lo mampu buat ngewujudinya,lo pasti bisa,dan perubahan itupun hrus dimulai dr diri sendri mulai dr hal kecil,kemudian jd sesuatu yg besar,dan bukan suatu hal yg mustail untuk dikenang semua orang -Sekian-

  10. Djunita
    4 out of 5

    :

    Buku pertama yang mengantarkan saya kepada karya-karya pandji .
    Setiap lembaran yang saya baca seolah-olah Pandji sedang berada dihadapan saya dan berdiskusi mengenai segala bentuk kecemasan, isi pikiran mengenai toleransi, Indonesia, hal-hal “aneh” dari orang-orang yg ada di lingkungan kita, dan tentunya ide-ide untuk membuat perubahan di Indonesia dari hal kecil untuk melek politik , hukum, ekonomi hingga menyikapi perbedaan.
    rasanya buku ini saling melengkapi Nasional.Is.Me, sampe sering kecampur isinya dikepala saya.
    Saya berani mengubah (sikap sehari-hari saya) untuk Indonesia. 😀

  11. Dimas
    3 out of 5

    :

    ini buku ketiga nya mas pandji yang sudah saya baca sebelum Merdeka dalam bercanda dan nasional.is.me, to the point saya tertarik dibagian “Menciptakan Perubahan” dimana disitu dibahas soal FPI, dan menariknya mas Pandji sendiri yang berdialog dengan habib selon di Provocative Proactive Radio, hingga sampai pada kalimat “Mereka yang nggak setuju FPI, bukan orang islam!” mana On Air lagi, inilah kelebihan bukunya mas pandji, bercerita karena memang itu pengalaman pribadi dan kita selaku pembaca kayak ngedengerin ceritanya mas pandji aja, darimana lagi saya bisa tau hal seperti ini, ya cuma dibukunya mas pandji ini, Berani mengubah. BOBOT ISI SUATU MEMBEDAKAN KUALITAS 1 BUKU DENGAN BUKU LAINNYA, Terima kasih.

  12. bibumohammed
    5 out of 5

    :

    Buku berani mengubah bukan buku yg memberikan jawaban malah membuat saya jadi mulai bertanya karena setelah membaca saya jadi INGIN TAHU dan keingintahuan itu cuma bisa dipuaskan dengan bertanya,buku ini berhasil memprovokasi saya untuk TIDAK DIAM dan untuk BERANI MENGUBAH

  13. uwi
    5 out of 5

    :

    setelah disentil dan disadarkan oleh mas pandji melalui buku sebelumnya, melalui buku ini saya belajar bagaimana cara terbaik untuk menyumbang kebaikan dan kemajuan bagi negeri ini dengan kemampuan yg saya bisa. mas pandji mengajarkan bahwa cinta saja belum cukup tapi juga harus turun tangan dan peduli membenahi negeri ini bukan hanya diam dan menonton. buku pembelajaran selain buku sekolah.

  14. wulandariputriwahyu
    3 out of 5

    :

    Pertama beli buku ini sih cuma iseng-iseng saja cuma buat koleksi buku pribadi aku , setelah aku baca dari awal kalimat-kalimatnya ada yang sedikit sulit aku cerna , tetapi aku tidak patah semangat untuk baca buku ini setelah aku baca terus akhirnya buku ini sangat menarik sekali dan memberi inspiratif

  15. wahyu_wibiyanto
    5 out of 5

    :

    “….Pada suatu hari saya sadar bahwa selama kita hidup di negara dengan satu sistem pemerintahan maka kita pasti berpolitik. Mau tidak mau, disadari ataupun tidak, setiap keputusan politik berhubungan langsung dengan kehidupan kita semua” – Berani Mengubah 14:3.

    poin ini yg membuat saya saat pileg kemarin rajin membuka sosmed (padahal sebelumnya males dengan dunia politik) mencari informasi tentang caleg. Indonesia 5 tahun mendatang berawal dari pilihan kita, kebijakan yang ada 5 tahun mendatang juga tergantung siapa pilihan capres/cawapres kita.

  16. carlozreza
    5 out of 5

    :

    *ditemani angin malam dan secangkir teh hangat*

    Salam Merdeka Anak Muda Indonesia,,,
    Satu kalimat yg tepat untuk salah satu buku Mas Pandji ini adalah “Yang Muda yang Menginspirasi”,
    Tersentuh untuk bergerak,mengubah pola pikir kita bahwa, Indonesia itu pasti maju kalau Anak Mudanya yang maju didepan. Artinya cuma anak muda yang sadar akan pentingnya Indonesia di hidupnya, memberikan Ide-ide kreatif, gagasan-gagasan, hal-hal positif, yang baik dan fungsional untuk membangun Negeri ini. Jadi…Melek woiiyyy!! Jangan hanya diam dan menyimak saja Anak Muda Indonesia, Lakukan Sekarang !! Demi Indonesiamu..
    Saya Reza sebagai Anak bangsa Indonesia, tergerak untuk berdiri di depan untuk membangun Negeri kita tercinta ini. Terima kasih Mas Pandji,great job, buku ini sangat mengispirasi..

    Wassalam

  17. Choirul
    5 out of 5

    :

    Buku ini mendidik dan memberikan pilihan kepada kita untuk mengubah serta fokus pada pilihan yang kita ambil dalam membuat perubahan. Kadang kita pesimis dan hanya menuntut perubahan tanpa melakukan aksi untuk perubahan. Keadaan sekitar sebenarnya telah memberikan celah kepada kita untuk lebih peka dan berani dalam mengambil sikap untuk melakukan aksi. Dalam melakukan aksi bukan berarti harus menyelesaikan semua masalah, tapi harus fokus pada suatu masalah yang kita hadapi. Perubahan tidak datang dengan cara tiba-tiba dari langit, Tuhan juga tidak akan mengubah nasib jika kita hanya pesimis dan menuntut orang lain untuk mengubah, kita yang harus berani mengambil sikap dan melakukan aksi untuk membuat perubahan.

  18. nahdiatullailia@gmail.com
    5 out of 5

    :

    buku ini adalah buku yang sangat saya impikan, buku ini saya dapat dari kado ulang tahun saya yang ke 22. bahasa yang di gunakan dalam buku ini sangat mudah di cerna dan dimengerti oleh mansyarakat yang awam, pembahasaannya juga tidak terlalu berat. banyak juga pembahasan masalah hukum yang sangat menjadi cambuk untuk indonesia tanpa kita sadari. saya menjadikan buku ini menjadi referensi saya memberikan pendidikan tentang indonesia untuk adik-adik saya. selain itu di dalam buku ini juga di bahas apa itu politik, dan mengapa kita harus melek politik. dari buku ini pula saya mempunyai tekat untuk optimis untuk mau berani mengubah Indonesia menjadi yang lebih baik, thx mas :)

  19. Cahyoga
    5 out of 5

    :

    Gak sedikit buku yang nawarin tema Indonesia dari berbagai data. Tapi buku karya Pandji ini selain kaya data juga kaya rasa. Buku ini bukan sekedar bikin kamu jadi tahu, tapi juga bikin kamu ingin berbuat sesuatu. Buku ini ngasih rasa “penasaran” sama apa yang kamu bisa buat sama negara ini.

  20. fiynugo@gmail.com
    5 out of 5

    :

    penyampaian tentang perjuang seorang yang optimis akan perubahan, mampu ditelaah dengan baik setiap kalimatnya karna ringan cara penyajiannya. cerdas.

  21. peppijenggot
    3 out of 5

    :

    Perjuangan adalah pelaksanakan Kata-kata, memang sulit. Paling tidak Pandji sudah dan sedang melakukan itu lewat “BERANI MENGUBAH”. Menyadarkan kembali kepada kita terutama anak muda akan realitas hidup menjadi rakyat Indonesia, yang mau tidak mau tidak bisa menghindar, tapi harus membuat jalan sendiri meski tidak menjamin meninspirasi orang lain, paling tidak, berani mengubah diri sendiri. pilihan hanya “Ada dua jenis pemuda di dunia. Mereka yang menuntut perubahan dan menciptakan perubah”.

  22. andika_hilman
    4 out of 5

    :

    Ibaratnya, buku ini kakaknya ‘Nasional.Is.Me.’ Kalo yg satu bicara WHAT and WHY, buku ‘Berani Mengubah’ bicara ‘HOW’. Buku ini nggak bisa dibaca cuma sekali karena bisa jadi buku pedoman sebagai Warga Negara Indonesia. Sebagai mahasiswa, buku ini yang bikin tangan selalu gatal untuk take action buat rakyat. Keren lah!

  23. adibagus.krisna
    2 out of 5

    :

    “ada dua jenis pemuda di dunia : mereka yang menuntut perubahan dan mereka yang menciptakan perubahan.” ( 1 )

    Segera saja merasa dihantam tepat diulu hati, terasa nyeri secara mental, karena dengan berbesar hati, ya.. saya adalah pemuda jenis pertama.

    Pemuda yang masih bertukar keluh antar teman, menghakimi golongan tertentu di twitter, sampai mencerca tanpa ampun seorang seniman yang dinobatkan sebagai raja di genre yang (katanya) beliau ciptakan sendiri, yang saya lakukan di blog pribadi, namun ketiga contoh aktivitas saya tersebut ironisnya tidak disertai perbuatan signifikan yang dapat mengubah keadaan, merasa diri nyaman bersilat tulis membuat saya enggan menggerakkan badan urun tangan menciptakan perubahan.

    “Neutral is my middle name”.

    Dunia abu – abu adalah tempat dimana saya menghirup nafas dengan tenang, jauh dari cacian dan makian.

    Tetapi,

    “Masalah Indonesia dari dahulu sampai sekarang belum berubah, – The good guys aren’t as organized as organized crime. – ” ( 2 )

    Negeri kita, INDONESIA, membutuhkan saya.

    “sekarang adalah waktunya anda menjalankan yang sudah anda baca, ini bukanlah sesuatu yang mudah, saya tahu.” ( 3 )

    “perjuangan adalah pelaksanaan kata – kata.” ( 4 )

    Kalimat persuasif di bait terakhir tersebut setidaknya menjadi tepukan canda seorang kawan untuk mengingatkan saya agar tidak diam dan berpangku tangan, tetapi agar saya bisa bangkit, melangkah sambil menyingsingkan lengan baju dilatari “we are the champion” milik Queen yang berkumandang mengiringi langkah saya.

    Data dan fakta disajikan secara lugas, ditutup dengan solusi untuk melaksanakan aksi. Di tambah analogi logika yang belum tentu bisa mempengaruhi saya jika buku ini ditulis penulis lain.

    Langkah awal perjuangan saya adalah turut serta merapatkan barisan agar pasangan orang baik dengan jumlah bintang yang saya berikan di review ini bisa memerintah diutara Monas.

    Tidak, kali ini saya tidak bersikap netral.

    karena..

    “tempat tergelap di neraka dicadangkan bagi setiap orang yang bersikap netral, di tengah krisis moral.” (5)

    Tabik.

    ( 1 ) . Pragiwaksono, Pandji. Berani Mengubah (Jakarta : Bentang, 2012) hal. 31
    ( 2 ). Ibid, hal. 190
    ( 3 ). Ibid, hal. 194
    ( 4 ). Ibid, hal. 195
    ( 5 ). Dan Brown, Inferno (Jakarta : Bentang, 2014)

  24. Ivan
    5 out of 5

    :

    Berani Mengubah, sebuah buku yang membuat kita yang membaca tertantang untuk take action, turun tangan dan bukan sekadar berdiam diri melihat keadaan yang ada. Bang Pandji di sini sukses menampar dan membangunkan kita untuk benar-benar BERANI MENGUBAH. Satu lagi, buku ini seakan ga pernah selesai untuk kita baca. Keren abis dah!

  25. Mey
    5 out of 5

    :

    Setelah NASIONAL.IS.ME
    lalu Berani Mengubah

    Dalam karya Pandji
    NASIONAL.IS.ME adalah ambisi

    dan

    Berani Mengubah adalah amunisi

    Kita sudah punya cukup banyak kata dan kalimat
    sekarang saatnya buktikan dalam “PERUBAHAN” yang nyata
    yaitu “TINDAKAN”.

    Kalau kamu muda, kamu harus baca buku ini
    Karena yang muda, yang membawa perubahan.

  26. gangan
    4 out of 5

    :

    Pertanyaan dari seorang atheis kenapa anda islam,apa bukti keberadaan tuhan,mengapa tuhan menciptkan neraka dijawab dengan ‘pandji banget’ dan ditutup juga dengan kalimat yang pandji banget. Mari sepakat untuk tidak sepakat :)

  27. muharam
    5 out of 5

    :

    Gerah dan geram melihat indonesia yang diam di tempat, bahkan cenderung mundur? Berani mengubah adalah buku panduan untuk pemuda indonesia yang ingin menyumbangkan tenaga dan kontribusinya bagi kemajuan negeri ini. Karena suatu kaum tidak akan berubah sampai kaum itu sendiri yang mengubahnya. Artinya negeri ini akan begini-begini saja kalau pemudanya tidak mau mengubahnya. Kenapa pemuda? Karena dari jaman penjajahan kamu mudalah yang punya peranan penting dan besar bagi negeri ini. Kalau sekarang kaum mudanya santai-santai saja malah cenderung apatis terhadap negeri ini, itu sebuah ironi dan memalukan. Pandji coba mengajak para pemuda indonesia untuk berbuat sesuatu bagi kemajuan negeri ini. Setelah buku Nasional.is.me yang membuat kita tersadar, buku berani mengubah adalah step selanjutnya untuk melakukan perubahan bagi Indonesia. Perubahan itu bisa dari segi politik, hukum, ekonomi, kesehatan dll. Karena kita tidak ingin Indonesia dipimpin oleh orang yang salah atau second best melulu. Kalau indonesia mau jadi negara yg maju dan baik, ya orang-orang terbaiklah yang seharusnya memimpin negeri ini. Dalam buku ini pandji coba untuk bilang kepada seluruh pemuda di Indonesia, kalau kamu mempunyai kemampuan, kompetensi dan passion yang kuat untuk kemajuan negeri ini, lakukanlah.

  28. Nurul
    5 out of 5

    :

    BERANI MENGUBAH adalah buku wajib bagi pemuda Indonesia yang gerah akan kondisi bangsanya. Pandji mengajak kita untuk berhenti mengeluhkan kebobrokan Indonesia. Menanggalkan kebencian yang mendarah daging pada Ibu Pertiwi. Melupakan segala bentuk kekecewaan pada Tanah Air. Jangan lagi tanyakan soal kemajuan bangsa. Pahami persoalan Indonesia dari akar rumput. Lalu turun tangan, bergerak, beraksi―sekecil apapun―menghadirkan perubahan. Jangan apatis. Sebab, memajukan bangsa bukan hanya tugas pemerintah, tapi tugas semua orang Indonesia. Majukan bangsamu dengan caramu, dengan apa yang menjadi passion-mu. Jangan sekedar berwacana. Bagikan idemu dan ajaklah orang-orang disekitarmu. Bersatu, kita bisa mengubah Tanah Air jadi lebih baik.

  29. aldianperdana
    5 out of 5

    :

    Di saat pemuda-pemuda tanggung menggandrungi 7 Keajaiban Rezeki-nya Ippo “Right” Santosa yang mengajarkan kita bagaimana caranya untuk melihat ke dalam diri sendiri dan menggerakkan untuk menjadi kaya (sendiri). Berani Mengubah mengajarkan kita untuk melihak ke sekeliling, dengan menambah kualitas diri dengan mempelajari aspek hukum, politik, dan ekonomi. Karena jika ada orang miskin di sekitarmu, bukan pemerintah yang salah, tapi kita yang tahu dan tidak berbuat apa-apa. Mari mengubah Indonesia dengan passion masing-masing :)

  30. rifaldifath
    4 out of 5

    :

    Bukan sekedar menghadirkan pemahaman tentang Indonesia tapi buku ini juga menjelaskan gimana caranya untuk mendunia. Isinya tidak menjamin sebuah perubahan akan terjadi, tapi menjamin Anda mendapatkan rasa optimis akan perubahan Indonesia. Memang, Pandji bukan seorang motivator. Tapi setelah selesai membaca anda akan mendapatkan sebuah motivasi.

    Ini bukan buku, ini ‘kitab suci’ bagi orang yang merasa Indonesia.

  31. Devita
    5 out of 5

    :

    Bahasa yang sederhana, ditambah sisi kritis, kreatif & lugas dari Pandji bikin buku ini mudah dipahami & sangat menarik untuk dibaca. Ngga asal ngomong, buku ini penuh fakta yang bisa menginspirasi pemuda Indonesia untuk melakukan sesuatu di aspek2 penting negara. Ngga harus besar, yang penting bertindak! Great job!

  32. roland.silow
    5 out of 5

    (verified owner):

    Membaca buku ini, membuat kita yang membaca me-reset ulang mindset kita tentang berbagai issue politik, hukum dan ekonomi. Pandji memaparkan hal teoritis namun praktis, dan juga persuasif. Gaya bahasa di buku ini membuat saya langsung memvisualisasikan…seakan Pandji sedang melakukan stand-out comedy di depan mata saya. Good job Pandji, kaum pemuda tidak harus apatis dengan apa yang terjadi di sekelilingnya, ada harapan dan upaya untuk berani mengubah keadaan menjadi lebih baik. :)

  33. sandee.poetra
    3 out of 5

    :

    Entah mungkin karena NASIONAL.IS.ME yang terlalu keren atau mood saya yg tdk terlalu baik ketikabaca buku lanjutan ini. Buku yang memiliki misi yg sama dr para generasi muda agar lebih peduli dg kondisi dan keadaan bangsa ini yg jelas jelas ada ditangan kita. Buku yg tetap masuk rekomendasi & referensi saya utk para staf saya bersama dg NASIONAL.IS.ME

    Buku ini tetap memiliki dampak yang luar biasa utk saya, bisa jadi passion pandji adalah menulis yaa.. Selain ngomong.. Hehehe

  34. randa
    5 out of 5

    :

    Berani Mengubah.
    Buku ini aku beli 2 minggu sebelum kkn sengaja untuk menemani selama kkn.

    buku berani mengubah ini keren banget isi yg mengena dalam kehidupan sehari-hari baik itu politik,ekonomi hukum dll. tapi bagian buku ini yg aku suka adalah bagian “Memahami Indonesia”.
    bagian ketika PAPUA dan Maluku ingin merdeka,banyak rakyat indonesia menolaknya dan langsung menyalahkan
    pemerintah. tapi disini dijelaskan yg salah adalah salah kita semua sebagai kaum yang mengaku “orang indonesia”.
    yg membuatku lebih melek lagi untuk lebih memperhatikan dengan membantu saudara2 sebangsa yg membutuhkan bukan dengan menyebarkan Quote rasa simpati di sosial media ketimbang di dunia nyata.

    ada kejadian ketika saya mencoba membantu menyebarkan info sebuah proyek pengadaan bus donor darah di http://busdondar.kitabisa.co.id/ meski saya membantu dengan nominal yg kecil saya mengajak orang2 dengan memposting di twitter. dan ada tanggapan dari temanku dia bilang gini. “Buat apa donor darah kalo pas perlu darah d rs malah bayar??” itu membuatku syok denger gitu. padahal dia dan yg lain ingin indonesia lebih baik. padahal klo ingin indonesia lebih baik bukan hanya tugas dari pemerintah saja tapi dari seluruh rakyat ikut terlibat.
    seperti kata lu bang : Orang bilang, Indonesia kurang banyak orang mampu/
    Padahal yang bener, orang yang mampu kurang banyak memberi.
    Dan kalau kita beramal ga Cuma staun sekali, bukannya yang seneng juga elo sendiri?
    setelah membaca buku ini membuatku lebih melek lagi mengenai indonesia dan bagaimana cara untuk mengubahnya lebih baik. stelah kita melek mengenai indonesia waktunya menumbuhkan “Rasa Memiliki Indonesia”.

  35. Rijal Fahmi Mohamadi
    4 out of 5

    (verified owner):

    Buku ini wajib dibaca setelah membaca buku sebelumnya Nasional.Is.Me. Mungkin juga ini bakal menjadi buku yang memerlukan waktu terpanjang untuk menyelesaikannya. Iya, karena membaca buku ini berarti kamu, juga bertanggung jawab untuk itu membuat perubahan negeri ini (indonesia), menjadi lebih baik :) Karena negara yang maju bukan karena seorang pemimpin yang baik, tapi juga karena rakyatnya yang mau membantu para pemimpinnya untuk melakukan perubahan menuju kebaikan.

    Seperti yang kata yang saya kutip dari buku Berani Menggubah ini “Ada dua jenis pemuda di dunia. Mereka yang menuntut perubahan, dan menciptakan perubahan” kalian termasuk yang mana? Baca buku ini, dan lakukan perubahan untun Indonesia!

  36. aldirgaakbarsadhana@yahoo.co.id
    5 out of 5

    (verified owner):

    Berani Mengubah – Secarah mencatat perubahan dibawa oleh pemuda. Di buku ini pandji mengajak pemuda Indonesia untuk mengambil tindakan, turut mengawasi di bidang politik, hukum, ekonomi, dsb. Apapun profesinya, bidang2 tersebut harus kita kuasai. Rakyat adalah pagar pertahanan paling kuat untuk melawan kejahatan yang terjadi, kalau pemudanya saja buta politik, hukum, dsb., harus kepada siapa lagi bangsa ini menaruh harapan ? Mau dikemanakan darah pahlawan yang sudah tumpah ? Mari ubah potret bangsa ini dimulai dari mempelajari Indonesia ! :)

  37. ayureggita
    5 out of 5

    :

    Buku berani mengubah…. Buku yang merubah pandangan saya. buku ini adalah salah satu alasan kenapa saya mengidolakan seorang pandji pragiwaksono. Buku yang benar benar membuka mata para pemudanya untuk berani menentukan langkah, untuk saling memahami keberagaman dan kemajemukan. untuk mengerti dan memahami indonesia. Buku ini dapat memberikan semangat optimisme untuk mengubah indonesia, pandji seseorang yang memberikan inspirasi lewat bukunya

  38. irvaniutami28@gmail.com
    4 out of 5

    :

    “Membaca berani mengubah tak akan mempengaruhi hidupmu dalam berbuat untuk bangsa tanpa ada pembuktian dari ilmu yang kamu dapat dari buku ini” – Sebuah buku yang mampu menggerakkan pemikiran dan kesadaran

  39. enis
    5 out of 5

    :

    Berani Mengubah- Bersyukur bisa membaca buku ini karena bisa belajar politik, hukum , dan ekonomi. Tersadarkan bahwa kita harus memahami terlebih dahulu sebelum berkomentar atau bertindak. Setelah paham, maka selanjutnya Bertindak, dan Pandji memberikan caranya,ini sangat Menginspirasi!!
    Kalian para pemuda sebagai agen perubahan, harus baca buku ini karena bisa jadi ini tidak diajarkan di bangku sekolah atau kuliah. dan bertindaklah untuk Perubahan Indonesia lebih baik. “Ini bukanlah sesuatu yang mudah, saya tahu,” begitulah kata Pandji. Selamat Berjuang !

  40. lukisiando akbar
    4 out of 5

    :

    melalui buku ini, pandji mencoba “menularkan” semangat utk mengubah indonesia ke arah yg lebih baik lagi. pandji jg mengajak pembaca turut ambil bagian dari perubahan bangsa ini dengan passion-nya yg mereka punya. terima kasih utk ilmunya yg diberikan. teruslah menginspirasi

  41. mukhtar
    5 out of 5

    :

    Buku ini mengajak para pemuda untuk memahami Indonesia, mengenal masalah hukum, politik, dan ekonomi yang sebenarnya sangat dekat dengan para pemuda tapi banyak dari para pemuda tidak sadar dan hanya menunggu dan menuntut perubahan dari ketiga masalah tersebut.
    Pemuda harus peduli dan berani menciptakan perubahan bukan hanya menuntut. ketidakpedulian akan slalu menimbulkan korban yaitu diri kita sendiri, rakyat indonesia. Berani mengubah bukan berarti harus mengubah dalam segala aspek tapi berani mengubah berarti harus berani fokus akan sebuah permasalahan.
    Pemuda tidak boleh hanya berangan-angan tapi harus ikut turun tangan untuk mengubah Indonesia!

  42. ifanafiansa@gmail.com
    5 out of 5

    :

    buku yang benar benar membuka mata saya akan pentingnya sebuah keputusan politik, perananan ekonomi dalam negara, dan pentingnya penegakan hukum. kumpulan tulisan Pandji yang di balut fakta fakta yang valid, wawancara yang asik, rilex dan berbobot dengan beberapa tokoh FPI dan Atheis membuat saya makin mengerti apa yang dimaksud dari ‘mencoba memahami sebelum membenci’ yang selalu pandji dengungkan di lagunya, dan beberapa analogi menarik dan logis tentang kempimpinan Tuhan lalu analogi ibu dan pembantu juga lumayan menampar saya , untuk ikut andil dalam perubahan negeri ini. di beberapa bab terakhir pandji mengajak kita untuk berbuat sesuatu sesuai passion kita untuk Indonesia. dan selalu fokus ! :)

  43. dhyllajuliansyah
    5 out of 5

    :

    bukunya panduan yg bisa bikin indonesia jadi jauh lebih keren lagi,sama kerennya kaya buku ini kok. gak tau lagi harus ngomong apa. semuanya sudah terwakilkan sepertinya, hehehe..

  44. Tegor
    5 out of 5

    :

    Berani mengubah adalah sebuah jawaban dari pertanyaan besar, apa harus kita lakukan setelah kita sudah memahami tentang ke-INDONESIA-an? Buku ini layaknya sebuah orasi tertulis yang berisi tentang himbauan dan ajakan untuk berani membuat perubahan untuk Indonesia dengan tindakan tentunya. Dan jawaban itu ada di setiap bab demi bab buku ini.
    Dimulai dengan memahami politik, generasi muda sekarang cenderung apatis dan sangat antipati terhadap sikap berpolitik, politik masih dianggap sebuah kubangan lumpur yang kotor. Tapi memahami politik tidak harus terjun ke dunia politik, dan terjun ke dunia politik tidak harus ikut bermandi lumpur yang kotor. Semakin kita tidak memahami politik semakin mudah kita dibodohi dalam segala kebijakan politik. Melek politik adalah sebuah keharusan, dengan begitu kita dapat mengawasi semua kebijakan politik di Pemerintahan, sukur-sukur bisa terlibat dan dapat merubah peta perpolitikan di Indonesia. Terdengar klise tapi sangat berdampak besar jika semua generasi muda mau melakukannya.
    Kemudian dilanjutkan dengan himbauan untuk memahami teori-teori dasar tentang hukum dan ekonomi. Kenapa harus mengerti hukum? Pilihan mengenai Slip merah dan slip biru saat menerima surat tilang dari Polantas adalah contoh sederhana kenapa kita harus mengerti hukum. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika kita tidak membengerti, sekali lagi kita akan dengan mudah dibodohi oleh oknum-oknum penegak hukum yang “nakal”.
    Bagaimana dengan ekonomi? Sosok suharto menjadi sorotan di bab ini, bagaimana banyak orang membandingkan bahkan merindukan era kejayaan orde baru. Seolah-olah semua orang sepakat bahwa saat itu kita jauh lebih kuat secara ekonomi dibanding saat ini. Yang terjadi justru sebaliknya, hanya saja saat itu masyarakat kita dibuat buta pehamannya (secara ekonomi tentunya). Apa yang terjadi di tahun 2008 saat krisis Eropa dan Amerika merupakan tolak ukur yang nyata, kita Indonesia tidak hanya bertahan tapi malah tumbuh. Bandingkan apa terjadi dengan krisis 1998? Pemahaman secara ekonomi mikro dan makro akan sangat membantu kita menentukan sikap saat membuat keputusan-keputusan kecil secara ekonomi di kehidupan sehari-hari, dan mengawasi kebijakan-kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh Pemerintah saat ini.
    Di bab Memahami Indonesia Pandji sedikit bercerita bagaimana sejarah bangsa ini terbentuk dan didirikan. Melalui proses yang tidak mudah, proses yang penuh gejolak, baik itu di bidang politik, hukum, keamanan, bahkan ekonomi. Masa-masa sulit saat transisi kekuasaan, semuanya memang tidak mudah tapi para pendahulu kita mampu melaluinya. Kenapa? karena kita adalah bangsa yang besar, bangsa ini didirikan atas segala kemajemukan. Betapa kuatnnya kita saat itu, karena semua punya semangat yang sama yaitu bersatu bukan menjadi satu.
    Sekarang, masa depan bangsa ini ada di tangan kita para generasi muda, semuanya tergantung bagaimana kita bertindak dan bagaiman kita bersikap? Pandji mengajak kita mulai mengambil tindakan kecil di lingkungan kita masing-masing, dan membuat perubahan dengan cara kita masing-masing. Karena seperti Pak Anies Baswedan katakan, bahwa bangsa Indonesia bukan bangsa yang kecil layaknya speed boat, Indonesia adalah negara yang luas layaknya kapal besar yang sulit untuk dibelokan dalam waktu singkat. Indonesia butuh kita untuk mendunia, tidak mungkin Pemerintah mampu bekerja sendiri, berhenti berharap perubahan, mari kita menjadi bagian yang menciptakan perubahan.

Add a review